Kamis, 23 Desember 2010

Efek Global Warming

Kita semua tau apa itu pemanasan global atau global warming. Pemanasan global atau biasa kita sebut Global Warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Saat ini kita semua sedang merasakan dampak dari efek global warming itu sendiri seperti perubahan cuaca dan lautan, cuaca ekstrim peningkatan permukaan laut, degradasi lingkungan atau aktifitas membuang limbah pabrik atau limbah apa saja ke lingkungan sekitar yang menyebabkan polusi udara, pengembang biakan nyamuk malaria, suhu udara memanas dan sebagainya. Perubahan iklim yang disebabkan pemanasan global telah menjadi isu besar di dunia. Seperti hilangnya gletser, terpengaruhnya hasil pertanian seperti gagal panen, mencairnya es kutub utara dan kutub selatan yang akan menyebabkan kepunahan habitat di sana merupakan bukti dari pemanasan global.
Dalam hal seperti ini kita bias mencegahnya seperti hal di bawah ini:
1. Matikan listrik atau setidaknya belajarlah untuk menghemat penggunaan listrik dan aktifitas yang menggunakan dan berhubungan dengan listrik.
2. Ganti bohlam lampu yang hemat energi walaupun harganya agak mahal.

3. Pergunakan kertas, tissue, tusuk gigi dengan bijak dan tidak memboros boroskan benda seperti itu. Gunakan seperlunya saja karena bahan bakunya terbuat dari kayu.

4. Jika memakai AC tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C. Gunakan jika penting saja.

5. untuk barang elektronik seperti AC, microwave, oven, magic jar, dll sebaiknya menggunakan timer agar tidak memboroskan penggunaan listrik

6. Sadar diri, ini hal yang terpenting untuk kita melakukan semua hal dan aktifitas yang berhubungan dengan pencegahan global warming.

7. Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda sebanyak mungkin dan yang anda bisa. Setidaknya satu orang satu pohon karena pohon membantu menciptakan oksigen dan menyerap karbondioksida.

8. Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.

9. Lebih baik biasakan menggunakan sepeda daripada media transportasi yang menghasilkan gas emisi yang jahat.

10. Hampir semua sampah plastic menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.

11. Sebarkan berita ini kepada orang-orang di sekitar Anda, agar mereka turut berperan serta dalam menyelamatkan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar