Kamis, 23 Desember 2010

Manfaat sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi ternyata mempunyai zat yang baik dan yang buruk bagi kulit kita. Pastinya sinar matahari yang baik dan dibutuhkan tubuh kita adalah sinar matahari antara pukul tujuh pagi sampai pukul sembilan pagi setelah itu sinar matahari dapat merusak tubuh kita. Sinar matahari ternyata mempunyai zat yang dapat menguntungkan dan merugikan tubuh kita. tentunya sinar matahari yang baik antara jam 7Sinar matahari baik yaitu diantara pukul 7 sampai 9 pagi. Jika kita menyadararinya dibawah kulit kita ini terdapat simpanan lemak yang mengandung kolestrol yang bisa hilang dengan terkena sinar matahari pagi (sinar ultra violet) yang mengandung vitamin D.

Vitamin D berfungsi untuk mengurangi kolesterol dalam darah, yang dijelaskan dengan penggunaan vitamin D yang akan menekan kolesterol yang terdapat dalam darah menuju ke kulit, sehingga kolesterol dalam darah berkurang. Mengurangi kadar gula darah, penjelasannya bahwa sinar matahari bersifat sebagai insulin yang memudahkan penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh. Sinar matahari pagi sebagai pembunuh bakteri, jika dalam medis pengobatan yang menggunakan sinar ultraviolet buatan, sedang saat anda berjemur pada matahari langsung berarti anda akan mendapat manfaat pembunuh kuman yang jauh lebih alami. Ini merupakan nilai lebih. Selain itu, sinar matahari akan meningkatkan kebugaran dan kualitas pernafasan.

Sehingga berolah raga di pagi hari dengan ditambahnya mendapat sinar matahari pagi yang banyak sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Faktor lain yang membantu peningkatan kebugaran adalah meningkatnya aktifitas penyerapan glikogen pada hati dan otot. Bertambahnya vitamin D, juga akan memacu fungsi untuk menyerap kalsium lebih banyak sehingga akan membantu membentuk tulang dan memberikan kekuatan pada kepadatan tulang.

Berjemur selama 10 menit setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama limfosit atau sel darah putih. Sehingga bisa mengurangi resiko terganggu flu dan masuk angin. Mulailah dari sekarang untuk meluangkan waktu sejenak, untuk berjemur di pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Paparan sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi hari, sebelum pukul 08.00. Pada jam tersebut, matahari akan memberikan sinar yang bermanfaat bagi tubuh. Pancarannya mampu mensintesis menjadi vitamin D, dan bermanfaat untuk kesehatan tulang dan pembentukan kalsium.
Akan tetapi, berjemur di atas pukul 09.00, sinar matahari justru berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan ketiga jenis sinar ultraviolet A, B, dan C yang terdapat dalam sinar matahari akan membahayakan kesehatan kulit. Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) A dan B dapat merusak membran sel sehingga mengakibatkan kulit merah dan terbakar, serta merusak sel-sel kulit. Akibatnya, mekanisme regenerasi sel-sel akan rusak.
Yang berbahaya adalah bila kulit terpapar sinar matahari cukup lama dan dalam intensitas yang cukup tinggi. jika kulit terlalu sering mendapat paparan sinar matahari dalam jumlah banyak, akan mempercepat proses premature skin aging (penuaan kulit dini). Di samping pengaruh faktor lain seperti polusi dan asap rokok.
Jadi, biasakan bangun pagi dan dapatkan manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tulang anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar